Senin, 21 Desember 2015

Mari Mulai Membuat Sketch dan Mengunggah ke Arduino




Sebelum Mulai Membuat Sketch


   Sebelum mulai membuat Sketch maka saya akan memperkenalkan terlebih dahulu Editor Sketch yang telah kita install sebelumnya, yaitu Arduino IDE serta cara memilih Arduino yang akan digunakan dan Com Port yang aktif. Hal penting yang akan diperkenalkan sebelum membuat Sketch adalah beberapa simbol yang berada dibawah tab menu. Perhatikan gambar dibawah

Fungsi dari masing-masing simbol diatas adalah

  • Verify digunakan unutk mengkompilasi Sketch yang telah dibuat, memeriksa tata penulisan Sketch. Klik pada "Verify", jika Sketch yang dibuat benar maka akan memunculkan pesan "Done Compiling", jika terjadi kesalahan dalam penulisan Sketch maka akan memunculkan pesan "Error Compiling". Berikut tampilan pesan hasil eksekusi Verify

Kompilasi Sketch Berhasil



Kompilasi Sketch Gagal


  • Upload digunakan untuk memunggah Sketch ke papan Arduino. Pada dasarnya Verify harus dilakukan terlebih dahulu sebelum malakukan Upload Sketch ke papan Arduino. Tetapi ketika Upload dieksekusi maka akan tetap melakukan kompilasi program sehingga Verify dapat ditinggalkan. Pada dasarnya gunakan sesuai kebutuhan, Verify dapat digunakan untuk mengkoreksi Sketch yang dibuat jika program yang dibuat cukup panjang saat masih dalam proses penulisan. Sehingga kesalahan Sketch dapat diketahui sedini mungkin
  • New digunakan untuk membuka Arduino IDE yang baru untuk mulai membuat program yang baru
  • Open digunakan untuk membuka Sketch yang pernah kita buat atau untuk membuka contoh Sketch yang telah disediakan oleh pihak Arduino. Untuk membuka contoh Sketch yang lebih banyak maka klik file > Examples > Pilih contoh Sketch yang ingin dilihat.
  • Save digunakan untuk menyimpan Sketch yang dibuat. File yang disimpan akan memiliki format .ino
  • Serial monitor digunakan untuk menampilkan data yang diterima atau dikirim oleh Arduino melalui komunikasi serial UART.

Sekarang kita akan memilih jenis papan Arduino yang akan digunakan. Pilih tab Tools > pilih Board: "Arduino/Genuino Uno" > Pada tutorial ini Atok akan menggunakan Arduino/Genuino Uno.

Lalu selanjutnya kita akan memilih COM Port Arduino yang aktif dan sedang kita gunakan. Pertama buka my document. Klik kanan pada Computer > pilih Manage > pilih Device Manager > Ports (COM & LPT), cek COM Port Arduino yang digunakan dengan cara mencabut USB Arduino dan menghubungkannya kembali, maka akan terlihat COM Port yang aktif


Mari Mulai Membuat Sketch

   Pemrograman Arduino (Sketch) memiliki format baku sebagai berikut

void setup() {
  // put your setup code here, to run once:

}

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:

}

    Yang pertama adalah fungsi void setup(){ }. void setup(){ } digunakan untuk melakukan inisialisasi, misalnya inisialisasi variable, inisialisasi port digital sebagai input atau sebagai output, atau inisialisasi kecepatan transfer data UART. Anda mungkin akan lebih mengerti setelah melihat contohnya nanti. void setup(){ } hanya akan dijalankan satu kali, dan dimulai dari baris pertama hingga terakhir.

    Setelah fungsi void setup(){ } dieksekusi maka selanjutnya yang akan dieksekusi adalah fungsi void loop(){}. Fungsi void loop akan dieksekusi sacara berulang ulang, disinilah program yang akan kita buat ditulis. Maksud berulang - ulang disini adalah jika terdapat 10 baris program pada fungsi void setup(){ } maka program akan dieksekusi dari baris pertama sampai dengan yang ke-10, dan kembali lagi ke baris 1 dan begitulah selanjutnya sampai dengan power ke Arduino dilepas,atau Arduino mati. Jika power kita berikan lagi maka program akan dimulai dari fungsi void setup(){ }.

    Baik silahkan ikuti program dibawah ini, lakukan <b>Verify</b> (pastikan pesan <i>done compiling</i>)  dan unggah ke papan Arduino anda (disini atok menggunakan Arduino UNO). Melakukan copy-paste sangat tidak Atok anjurkan dalam tahap pembelajaran ini, lebih baik menulis ulang agar anda terbiasa melakukan Sketch. Perhatikan besar kecil huruf yang anda tulis karena ini sangat berpengaruh.

void setup() {
  // put your setup code here, to run once:
Serial.begin(9600);
}

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
Serial.print("Hai !!!");
Serial.println("Saya Belajar Sketch di");
Serial.print("Bangka Robotic School"); 
delay(2000);

}


   Sekarang buka serial monitor dengan langkah sebagai berikut :
  1. Klik menu Tools
  2. Klik pada Serial Monitor sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut

Beberapa saat kemudian akan muncul tulisan berulang sebagai berikut


Apakah Maksud Dari Program Diatas?


  1.    Point pertama adalah Serial Port. Apa itu Serial Port? Data yang dikirim dari Arduino ke PC adalah berupa data serial dengan tipe komunikasi serial UART. Pada komputer terdahulu terdapat Serial Port yang digunakan komputer untuk melakukan komunikasi serial dengan perangkat luar (contohnya printer terdahulu dihubungkan ke PC melalui Port Serial bukan Port USB). Serial Port ditampilkan dibawah ini

       Untuk saat ini Serial Port tersebut telah tergantikan fungsinya oleh Port USB yang berbeda sama sekali dalam hal format datanya. Lalu bagaimana komunikasi ini tetap dapat terjalin? Arduino USB Driver yang kita install pada saat melakukan instalasi Arduino IDE menghasilkan Virtual Serial Port. Virtual Serial Port inilah yang menjadi jembatan penghubung antara PC dengan Arduino sehingga data dari Arduino dapat ditampilan ke PC. Inisialisasi komunikasi serial UART pada Arduino adalah melalui kode berikut

                      Serial.begin(9600);

       Angka 9600 menentukan kecepatan transfer data di Serial Port. Satuannya adalah bps (bit per socond). Jadi 9600 berarti 9600 bit dalam 1 detik.

  2.    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, program utama dituliskan di dalam fungsi void loop(){}

               void loop() {
                                        // put your main code here, to run repeatedly:
                                        Serial.print("Hai !!! ");
                                        Serial.println("Saya Belajar Sketch di");
                                        Serial.print("Bangka Robotic School");
                      delay(2000);
                                 }

       Program diatas berguna untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda petik dua contoh Serial.print(" tulisan yang akan ditampilkan ");. Lalu apa perbedaan antara Serial.print("..."); dengan Serial.println("..."); Serial.print akan menampilkan tulisan yang berada diantara tanda petik dua dan akan membuat tulisan berikutnya diletakkan tepat sesudah karakter terakhir. Sedangkan Serial.println menampilkan tulisan yang berada diantara tanda petik dua dan diakhiri dengan perpindahan baris. Pada tampilan serial monitor "Hai !!! Saya Belajar Sketch di" berada pada satu baris. Kemudian karena baris perintah terakhir menggunakan Serial.println maka memberikan baris baru untuk tulisan yang akan ditampilkan selanjutnya, Sehingga tulisan "Bangka Robotic School" ditampilkan pada baris yang baru.
  3.  
  4.    Lalu apa maksud delay(2000); Program akan dieksekusi dari baris pertama sampai terakhir, ketika program mengeksekusi delay(2000) maka eksekusi program selanjutnya akan ditunda selama 2 detik. Tunda tersebut sesuai dengan nilai yang kita isikan didalam tanda kurung, delay(1000) berarti tunda selama 1 detik. Setelah waktu terpenuhi maka eksekusi program akan dilanjutkan ke baris program selanjutnya. Pada contoh program diatas, maka program selanjutnya yang akan dieksekusi adalah kembali ke baris program Serial.print("Hai !!!"); 
  5.  
  6.    Lalu apa maksud baris program berikut
     // put your setup code here, to run once:
     // put your main code here, to run repeatedly:

       Kedua baris program diatas dinamakan Comment Program atau komentar program. Kedua baris tersebut tidak akan dibaca ketika program dilakukan kompilasi. Umumnya berfungsi sebagai pemberi keterangan untuk sang programer dalam mengingat tujuan baris programnya. Atau mempermudah seseorang dalam membaca program milik orang lain.

Pada tutorial ini Atok menjelaskan Sketch yang berguna untuk menampilkan tulisan ke serial monitor. Hal ini menjadi dasar pengetahuan karena tutorial selanjutnya akan selalu menggunakan serial monitor untuk melihat fungsi serta efek dari Sketch yang kita tulis.





Tutorial Selanjutnya : Teknik Pemrograman Part I - Komentar Program







1 komentar: